RUMAH DI TEPI LAUT

Ikon

Hanya Hati Yang Bisa Menggerakkan Aku Untuk Menulis

Mempersiapkan Studi ke Inggris? Yuk, Mariii…

Selain nilai akademik, salah satu syarat lainnya adalah nilai kemampuan Bahasa Inggris, baik menggunakan IELTS ataupun TOEFL, sehingga pastikan diri, bahwa kamu sudah memenuhi kualifikasi itu.

KOMPAS.COM – Terdapat lebih dari 350 universitas di Inggris, yang masing-masing memiliki spesialisasi dan keunggulan pada bidang-bidang studi tertentu untuk dijadikan pilihan dan tujuan studi.

Beberapa langkah ini bisa dijadikan panduan untuk memilih Inggris sebagai negara tujuan studi kamu. Tidak sulit, tapi juga tak segampang yang kamu kira!

– Tentukan terlebih dahulu bidang studi yang ingin kamu ambil sesuai minat dan potensi di masa datang.

– Lakukan riset mengenai pilihan universitas yang ada dan kota tempat kamu akan menetap. Kemudian, sesuaikan hasil riset tersebut dengan kebutuhan kamu. Tentunya, akan sulit beradaptasi jika ternyata kamu membuat pilihan yang keliru. – Untuk mendapatkan informasi bidang studi yang ada di Inggris, daftar universitas berikut syarat-syarat pendaftarannya bisa kamus akses di http://www.prospects.ac.uk (khusus Program S-2 dan S-3), http://www.ucas.com (untuk Program S-1), serta http://www.educationuk.org (untuk beragam informasi umum).

– Mendaftar sebaiknya sejak jauh-jauh hari karena prosesnya cukup panjang. Program perkuliahan biasanya dimulai di bulan September, tetapi pendaftarannya sudah bisa dilakukan sejak 1 (satu) tahun sebelumnya.

– Sebaiknya, kamu juga pun sudah menyiapkan semua persiapan nonteknis, mulai penentuan bidang studi, pencarian informasi universitas, hingga syarat-syarat pendaftaran agar tidak membuang waktu untuk kembali melakukan riset.

– Jangan lupa, perhatikan batas waktu aplikasi kamu. Beberapa bidang studi serta universitas seperti Cambridge dan Oxford kerap memberi batas waktu pendaftaran lebih cepat dibandingkan dengan universitas lainnya.

– Perhatikan juga syarat-syarat pendaftaran seperti nilai GPA, nilai IELTS atau TOEFL, serta pengalaman kerja jika diperlukan. Untuk masuk ke universitas terkemuka di Inggris, minimum GPA yang diminta adalah 3.0.

– Selain nilai akademik, salah satu syarat lainnya adalah nilai kemampuan Bahasa Inggris, baik menggunakan IELTS ataupun TOEFL, sehingga pastikan diri, bahwa kamu sudah memenuhi kualifikasi atau memiliki nilai minimum yang diperlukan saat mengajukan aplikasi. Untuk diketahui, rata-rata nilai IELTS yang dibutuhkan minimal 6.5 (TOEFL 575), tetapi pada beberapa bidang studi serta universitas tertentu ada juga yang memerlukan nilai IELTS minimal 7.0.

– Khusus syarat pengalaman kerja diperlukan apabila kamu ingin mengambil program MBA, yang rata-rata minimal 2 (dua) tahun pengalaman kerja.

– Finance/funding juga perlu diperhatikan. Pastikan, kamu mempunyai dana yang mencukupi untuk membiayai hidup kamu selama belajar di Inggris. Jangan sampai kegiatan belajar kamu terganggu hanya karena memikirkan biaya hidup.

– Biasanya, British Council selalu mengadakan pre-departure briefing untuk mempersiapkan para pelajar yang akan bersekolah di Inggris. Maka, pastikan kamu berada di sana untuk mendapatkan informasi mengenai belajar dan hidup di Inggris dari British Council dan para alumninya.

source :

http://edukasi.kompas.com/read/2010/03/19/12085991/Mempersiapkan.Studi.ke.Inggris.Yuk..Mariii….

Filed under: Community Development, Motivasi, Opini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: